Nama : Andreas Ludfy Ari Mulia
Npm : 50416813
Kelas : 2 IA 12
1. Pengertian
New Media
Media Baru adalah istilah
yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media
yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet
secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network,
online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya . Berikut
ini pendapat dari beberapa ahli :
1.
Everett M. Rogers
(dalam Abrar, 2003:17-18)
Merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam
empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak,
Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru
adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
2.
Ron Rice
Mendefinisikan media baru adalah media teknologi
komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun
Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama
pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
3.
McQuail
Media
baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi;
distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan
komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
2.
Perkembangan Media Dari Masa ke Masa
Pada zaman Romawi kuno sekitar 60 SM muncul media
untuk pernyataan umum yang dikenal dengan nama Acta Senatus atau Acta
Diurna Populi Romawi. Acta
Diurna ini terbit setiap hari yang isinya memuat pengumuman dari Kaisar
Roma dan berita – berita kegiatan kekaisaran lainya yang ditempel atau di
pasang di pusat kota yang disebut Forum
Romanum. Dikenal juga orang yang menjual jasa untuk mencatat isi
beritanya disebut dengan Actuari.
Semakin lama jumlah Actuari
semakin banyak sehingga berita dibacakan setiap pagi selama dua jam oleh
pegawai istana. Perkembangan selanjutnya ditulis dan ditempel di Forum Romanum. Acta Diurna
diterbitkan oleh Julius Caesar pada tahun 59 SM dan bertahan 4 abad sampai
runtuhnya kekaisaran Roma pada tahun 476 M. Dizaman kekaisaran Augustus cara
penyampaian berita banyak diperbaiki, yaitu dengan cara beranting. Para pakar
menyebut masa sebelum Acta Diurna
sebagai Masa Prajunalis dan masa setelah Acta
Diurna sebagai Masa Jurnalis.
1.
Surat
Kabar Pertama
Surat
kabar tertulis pertama di Venesia dan Roma sekitar abad pertengahan yang mereka
sebut dengan Gazetta yang
berisi seputar pengumuman pemerintah Venesia dan berita – berita lain. Johan
Gutenberg (1450) menemukan mesin cetak pertama di Jerman dan mulai dikenallah
istilah press (pers).Meskipun mesin cetak sudah ditemukan abad 14 namun surat
kabar tercetak pertama baru abad 17 dengan nama Relation yang diterbitkan oleh Johan Carolus.
2.
Radio
Guglielmo
Marconi (Italia) pada tahun 1874 menemukan radio. Dia berhasil membuat peralatan
yang diperlukan untuk mengirim tanda-tanda tanpa kabel . Tahun 1899 ia sanggup
mengirim berita melalui gelombang elektromagnetic menyeberangi selat Inggris.
Dan tahun 1901 Marconi berhasil mengirim berita radio dari Inggris ke
Newfoundland melintasi Atlantik. Dia juga memicu berkembangnya penyiaran radio
tahun 1920-an. Radio digunakan untuk keperluan hiburan, promosi dan juga
sebagai media penyampaian berita. Peristiwa myang terjadi pada hari ini
langsung dapat diketahui hari itu juga. Lalu muncul istilah jurnalisme radio (radio journalism atau broadcasting
journalism).
3.
Film
Film
ditemukan sejalan dengan ditemukanya pita seluloid. Berita film popular pada
tahun 1930-1960 yang dikenal dengan nama movie
news atau newsreel.
Seiring perkembanganya film justru mengarah ke seni pertunjukan. Film
tumbuh mengikuti para pembuatnya, sejak awal ditemukanya gambar bergerak oleh
Thomas Alva Edison (1847-1931). Joseph M.Boggs dalam bukunya The Art of Watching Film mencoba
menjelaskan bahwa latar belakang film condong berkembang sebagai media
pertunjukan adalah semata-mata untuk membuat orang merasa terhibur.
4.
Televisi
John
L.Baird menemukan televise tahun 1926 dan didemonstrasikan lewat radio BBC
(British Broadcasting Corporation) London Inggris. Upaya John L.Braid ini
tentunya didahului dengan penemuan-penemuan selenium – sel sensitive (1893), nipkow scaning disc (1884), sinar katode (1909), dan iconoscope (1923). November 1936 ,
melalui stasiun BBC Television di Alexandria Palace dilakukan penyiaran
high-definition pertama dengan 240 saluran dengan menggunakan Baird System dan
405 saluran dengan Marconi-EMI System. Tahun 1949 di AS sudah bisa
mengadakan jaringan siaran dengan jangkauan 2000 mil dan meliputi 14 kota yang
diantaranya New York, Washington, Boston, Chicago, dan St. Louis. Media
televisi dan radio disebut sebagai jurnalisme elektronik (electronics journalism) ,termasuk
didalamnya media internet.
3.
Kelebihan
dan Kekurangan New Media
1.
YouTube
Sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna
dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film,TV,
serta video buatan para penggunanya sendiri.Format yang digunakan video-video
di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web.
Kelebihan YOUTUBE :
1. bisa
melihat dan mengupload video yang kita suka
2. sebagai
ajang promosi diri
3. bisa
mendownload setiap video
4. bisa
belajar streaming, banyak video bermanfaat
5. ukurannya
ada yang HD, bisa di download
6. videonya
banyak
Kekurangan YOUTUBE :
1. bisa
disalahgunakan penggunanya
2. banyak
informasi yang menyesatkan
3. banyak
negara yang memblok Youtube
4. Karena
terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi
yang terupload
5. gambarnya
tersendat sendat
6. banyak
video dengan kualitas buruk
2.
Game
Online
Game yang berbasis
elektronik dan visual. Game online dimainkan dengan memanfaatkan media visual
elektronik dan menyediakan server-server
tertentu agar bisa dimainkan.
Kelebihan GAME ONLINE :
1. Kita jadi bisa belajar membuat
strategi, mengatur taktik, dan bekerja dalam tim untuk memecahkan suatu
masalah.
2. Kecepatan tangan jadi terlatih,
apalagi bagi yang hobi maen piano atau keyboard.
3. gerakan reflek jemari kita akan
menjadi lebih peka.
4. belajar membangun kebersamaan,
mempertahankan kehormatan dan harga diri, dan belajar mengatur strategi untuk
memecahkan masalah.
5. Kecepatan dan ketelitian menjadi
terasah
Kekurangan GAME ONLINE :
1. Dapat mengakibatkan
kecanduan.
2. Dapat membuat lupa waktu.
3. Menguras kantong alias
menghabiskan uang.
4. Merusak organ mata karena
radiasi monitor
3. Wikipedia
Wikipedia adalah konten online ensiklopedia bebas
terbuka diciptakan melalui upaya kolaboratif dari komunitas pengguna yang
dikenal sebagai Wikipediawan.Siapapun terdaftar di situs dapat membuat artikel
untuk publikasi, pendaftaran tidak diperlukan untuk mengedit artikel. Nama
situs berasal dari wiki ,
program server yang memungkinkan siapa pun untuk mengedit konten situs Web
melalui browser Web mereka.
Kelebihan
Wikipedia :
1. Sangat cepat dan mudah untuk menemukan
informasi yang relevan tanpa trawl thorugh sekelompok pencarian google.
2. Bagus untuk hanya mengetahui pengetahuan umum
atau penjelasan dasar dari sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang.
3. Biasanya menjelaskan informasi dalam yang
jelas, istilah yang sederhana untuk membuatnya mudah untuk dipahami bahkan jika
Anda tidak akrab dengan subjek.
4. Hal terbaik tentang cara menggunakan wikipedia
untuk penelitian adalah bahwa halaman yang paling memiliki sumber-sumber yang
membawa Anda ke situs lain.
Kekurangan Wikipedia:
1.
Kepengarangan
yang tidak dikenal. Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena
anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar
ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.
4.
Prediksi
New Media Yang Akan Datang
Salah
satu new media yang akan datang adalah e-money , yaitu alat pembayaran yang menggunakan media elektronik, yaitu jaringan
komputer dan juga internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan dalam media
elektronik tertentu. E-Money sering pula disebut dengan Electronic Cash,
Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency ataupun Digital Currency.
E-Money sangat aman untuk digunakan. Bahkan ilmu kriptografi menyatakan bahwa
uang elektronik tersebut sangat sulit untuk diretas atau dibajak. Jadi Anda
tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. E-Money dibedakan menjadi dua buah. Berikut pengertian e-money
berdasarkan jenisnya:
1. Prepaid
Software
Prepaid
software sering pula disebut dengan digital cash, merupakan e-money yang
nilainya tersimpan dalam hard disk di dalam sebuah PC. Untuk pemindahan dananya
melalui jaringan internet.
2. Prepaid
Card
Prepaid
card sering pula disebut sebagai elektronic purches, merupakan e-money yang
nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan pada sebuah kartu. Contoh
dari prepaid card yaitu FLAZZ BCA, Mandiri e-Money, Brizzi, dan BNI Prepaid.
Berikut beberapa manfaat dari penggunaan e-money:
1. Memberikan kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan
dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran. Sehingga Anda tidak perlu
repot-repot menyiapkan uang tunai untuk membayar.
2. Anda tidak perlu menerima uang kembalian yang
berwujud barang seperti halnya permen, karena dengan e-money pihak merchant
hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.
3. Sangat aplikatif, karena bisa digunakan untuk
berbagai transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi tinggi, misalnya:
biaya tol, bayar tiket transportasi, parkir, fast food, dan lain sebagainya.
5.
Sejarah Singkat Internet
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek
lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang
dinamakan ARPANET
(Advanced Research Project Agency
Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware
dan software
komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat
(US Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di
daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir
dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi
perang dapat mudah dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa Barbara,
University of Utah, di
mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum
ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di
seluruh daerah, dan semua universitas di negara
tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
6.
Penerapan dan Manfaat Internet dikehidupan Umum
1. Menambah Wawasan
Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di
internet, Anda hanya perlu mencari nya saja. Hanya dengan mengetik beberapa
kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa didapatkan. Misalnya Anda
sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua informasi mengenai sepakbola
di internet ada. Jadi, internet sangat menambah wawasan penggunanya. Dan ini
tentunya sesuai dengan pengertian internet yang sudah dijelaskan diatas.
2.
Lebih Efisien
Tak perlu membeli koran, tak perlu berlama-lama
menunggu informasi yang Anda mau di TV. Dengan internet, informasi apapun bisa
langsung Anda dapatkan. Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media
yang murah, tetapi juga sangat efisien.
3.
Memudahkan Komunikasi
Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak
perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang
tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media
komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa
rindu kepada kawan Anda melalui social media yang bagus, seperti Google+.
4.
Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang
sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris. Bahasa
yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai
sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di
luar negeri. Di internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan
dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa belajar bahasa Inggris
maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau kalimat di Google
Translate.
5.
Mendorong Kemandirian
Tahukah Anda, orang yang sudah fasih menggunakan
internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi
yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang
tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Sehingga
terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa insiatif sendiri mencari
informasi.
6.
Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Internet sebagai perpustakaan online dan
kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap
orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan
siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di
tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses
website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di
depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.
7.
Sebagai Sarana Hiburan
Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah
hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun
bisa. Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda mau, misalnya
menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online,
menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.
8.
Memudahkan Pekerjaan
Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi
ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda diperintahkan oleh direktur
untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan
memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email.
9. Untuk Menjalankan Bisnis
Bisnis
yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online.
Ya, bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya
dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di
depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat
hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia
nyata.
10. Berbelanja Online
Jika Anda suatu hari sedang malas untuk keluar
rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja. Belanja online
adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati, perhatikan
apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas. Jadi begitu
mudahnya belanja online, caranya Anda hanya perlu memesan sesuai dengan format
yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai
di rumah Anda. Namun memang untuk berbelanja secara online Anda harus cerdas
dalam memilah-milah mana toko online yang terpercaya.
7.
Penerapan
Internet dengan New Media
Dalam
penerapannya, New Media sangat berhubungan dengan internet yang juga merupakan
komponen utama New Media. Contoh penerapan New Media ke dalam internet yaitu,
sebagai berikut:
1.
Jejaring
Sosial
Jejaring
sosial merupakan penerapan New Media ke dalam internet yang banyak digunakan
saat ini. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita dapat melakukan berbagai
hal. Seperti berkomunikasi, berbisnis, dan sebagainya. Contoh jejaring sosial
New Media, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya.
2.
Aplikasi
Chatting atau Messenger
Selain
jejaring sosial, kegiatan saling mengirim pesan singkat secara langsung juga
sangat popular dalam perkembangan New Media. Banyak aplikasi chatting atau
messenger berbasis internet yang digunakan masyarakat. Aplikasi tersebut
memudahkan dalam berkomunikasi secara cepat dengan berbagai fitur menarik. Kita
tidak hanya dapat mengirim pesan teks, tapi juga dapat mengirim gambar, file,
video, bahkan saling bertatap muka dengan fitur video call. Contoh aplikasi
chatting atau messenger, yaitu: BBM (blackberry messenger), WhatsApp, Line,
KakaoTalk Messenger, WeChat, dan sebagainya.
3.
Video
Conference
Dengan
menggunakan video conference, kita dapat berkomunikasi secara real time dengan
bertatap muka dengan dua orang atau lebih. Contoh aplikasi video conference,
yaitu: Skype, ooVoo, dan lain-lain.
4.
Hiburan
Selain
berkomunikasi, New Media juga sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia
hiburan. Seperti dalam dunia musik dan permainan. Contohnya yaitu: berbagai
permainan online di internet, aplikasi games atau permainan untuk smartphone,
Youtube, dan berbagai aplikasi pemutar musik atau music player.
5.
Pendidikan
dan Edukasi
Penerapan
New Media ke dalam internet juga mempengaruhi dunia pendidikan. Dengan adanya
internet, proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Contohnya, yaitu: E-Book
atau buku digital, berbagai video pembelajaran, materi pembelajaran di
internet, dan berbagai situs tanya jawab seputar pendidikan di internet.
8.
Kelebihan
Penerapan Internet dan New Media
Adanya teknologi New Media
sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan
berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak
membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya
angkat dari New Media diantaranya :
1.
New
Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain
2.
New
Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2
arah saja
3.
New
Media membantu kita mencari informasi dengan sangat cepat
9.
Kekurangan
Penerapan Internet dan New Media dan Cara Mengantisipasinya
Di samping begitu banyak kelebihan, new
media juga punya kelemahan. Kontrol konten yang lemah menyebabkan validasi in
formasi yang ada di new media mesti dipertanyakan. Tidak dapat dibantah bahwa
new media juga dapat dijadikan sarana empuk melakukan provokasi, menyampaikan
hoax (berita bohong), bahkan dapat terjadi illegal access pada account
seseorang yang berujung pada pembunuhan karakter orang tersebut atau orang
lain. Kelemahan lainnya kesulitan memberikan sanksi dan penerapan hukum pada
konten yang bermasalah.
Cara mengantisipasinya adalah dengan
tidak mudah percaya terhadap salah satu sumber informasi saja , tetapi mencari
lagi informasi dari sumber-sumber lain sebelum menyimpulkannya , dan untuk
lebih nyamannya lagi carilah inforasi dari sumber yang sudah dipercaya oleh
banyak orang .
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar